REFLECTION ON THE TEACHING OF “THE MULTIPLICATION
ALGORITM OF THE 3rd GRADE OF PRIMARY SCHOOL” THROUGH VTR
by Dr. Marsigit, M. A.
Summary by Riana Sinta Dewi (09313244022)
Saturday, 24th 2011
Menurut Isoda, M (2006), VTR untuk pendidikan guru dan gerakan reformasi pada Pendidikan Matematika, khususnya untuk mengembangkan lesson study mempunyai beberapa keuntungan, yaitu sebagai a) ringkasan singkat mengajar dengan penekanan pada permasalahan utama pada pembelajaran.b) komponen dari pelajaran dan kejadian utama di kelas.c) memungkinkan untuk diskusi dan refleksi dengan guru mengamati pembelajaran.
Pada paper ini Mr.Marsigit merefleksikan kegiatan mengajar Mr. Hideyuki Muramoto tentang perkalian logaritma pada kelas 3 sekolah dasar. Adapun hasilnya sebagai berikut:
1. Masalah kompleksitas pengurangan melalui interaksi kelas ke dalam pola sederhana atau pola linear antara guru dan murid-muridnya.
2. Masalah yang ada meliputi seluruh kegiatan kelas.
3. Korelasi negatif antara memfokuskan aspek tertentu dari pikiran siswa dan mengurangi varian konteks belajar mereka.
4. Masalah pola hubungan untuk mempromosikan kebutuhan individu dan pengelolaan seluruh kelas.
5. Masalah kesenjangan antara upaya guru (termasuk metode dan media), penemuan
siswa dan konsep / pemahaman / rasional vertikal cara menghitung 23 kali 3.
6. Masalah pencocokan konsep teori mathematical thinking dan kondisi faktual dari pemikiran matematika siswa.
7. Masalah mathematical thinking dari prestasi siswa rendah.
8. Masalah mengeksplorasi intrinsik, ekstrinsik dan sistemik dari mathematical thinking.
No comments:
Post a Comment