Stimulating Primary Mathematics Group-Discussion
By
Shisumi Shimizu
Marsigit
Summary by Riana Sinta Dewi (09313244022)
Posted: Sunday, 9th Oct 2011
Pada paper ini dijelaskan tentang penelitian yang dilakukan oleh Mr. Marsigit dan Shisumi Shimizu pada Siswa Kelas 6 Matematika Dasar SD Gambiranom, Yogyakarta, Indonesia.
Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk ikut secara aktif meningkatkan praktek mengajar matematika berdasarkan posisi ideal dari model yang baik mengajar matematika SD dan atas dasar asumsi bahwa guru dapat belajar dan menciptakan pengetahuan melalui pengalaman konkret nya dan mengamati serta merenungkan pengalaman tsb. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah pemahaman guru dan situasi proses belajar mengajar harus ditingkatkan.
Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menemukan bahwa jika guru memiliki persiapan yang baik dan mengembangkan beberapa skema untuk mengajar, maka peran siswa sebagai konstruktor dari pengetahuan mereka menjadi jelas. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa anak tidak hanya melakukan kegiatan di bawah bimbingan guru. Mereka mampu mengembangkan kegiatan mereka berdasarkan pengaruh pada petunjuk dan fokus (inti) kegiatan itu sendiri. Dengan mengamati pada transisi dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, peneliti menemukan bahwa pada beberapa lks yang dikembangkan oleh guru telah mempengaruhi jalannya kegiatan dan dimulai dengan berbagai interaksi percakapan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kita dapat menafsirkan peran guru melalui perspektif siswa tentang interaksi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui penelitian tindakan kelas siswa tidak hanya menjadi sebagai pembelajar aktif tetapi juga sebagai konstruktor aktif dari pengetahuan mereka sendiri.
No comments:
Post a Comment