Developing Teacher Training Textbooks for Lesson Study
in Indonesia
by Dr. Marsigit, M.A
Summary by Riana sinta Dewi (09313244022)
Posted: 23th Oct 2011
Penelitian (Marsigit, 2006) pada pendidikan matematika di Indonesia saat menunjukkan indikasi bahwa prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika dan Sains rendah, hal itu ditunjukkan dengan hasil Ujian Nasional dari tahun ke tahun.
Dan salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah pengadaan buku teks oleh guru, sebagai orang yang sangat dekat (berhubungan langsung) dengan siswa sehingga diharapkan buku teks yang dibuat dapat menjawab kebutuhan siswa dan dapat mengkonstruksi pengetahuan mereka. Oleh karena itu, Mr. Marsigit dalam salah satu papernya menjelaskan cara-cara pelatihan guru untuk mengembangkan buku teks pada lesson study di Indonesia.
Dalam mengembangkan buku teks matematika untuk SMP, kriteria buku teks yang baik harus diperhatikan. Seiring dengan dinamisnya kehidupan yang selalu berubah dari waktu ke waktu menjadikan tidak adanya kriteria tetap / baku mengenai buku teks yang baik. Namun beberapa hal yang dapat dijadikan acuan antara lain:
1. Dalam upaya pengembangan buku teks harus sesuai dengan program dan akurasi kegiatan yang diusulkan.
2. Dibalik pengembangnan buku teks matematika SMP terdapat pertanyaan-pertanyaan, antara lain mengenai sifat belajar mengajar matematika, sifat matematika sekolah, sifat siswa belajar matematika, sifat tujuan mengajar matematika, sifat bahan ajar, sifat penilaian dan sifat berpikir matematika.
3. Untuk mengembangkan buku teks matematika SMP, perlu adanya gambaran jelas mengenai bagaimana merencanakan dan melaksanakan kegiata di dalam kelas, seperti: kegiatan pemecahan masalah (problem solving), penalaran dan pembuktian, komunikasi matematika, koneksi matematika, representasi matematika, peran teknologi dan ICT, pengaturan konten (isi) keterampilan pengembangan, jangkauan konten (isi) yang sesuai dan relevan, minat dan kemampuan siswa, materi yang mudah diikuti dan di pahami.
4. Dalam pengembangan buku teks, tata letak atau desain juga harus diperhatikan. Berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan: tujuan yang ada pada setiap bagian, kegiatan latihan yang relevan dengan tujuan kegiatan pembelajaran, mengembangkan grafik, tabel, visual yang berguna dan relevan, lintas kurikuler belajar diperlihatkan, pendefinisian istilah yang jelas dan tepat, menggunakan bahasa yang sesuai dengan siswa sehingga mudah dipahami.
No comments:
Post a Comment