Friday, October 14, 2011

SUMMARY B.ING PEND MAT 24

Mathematics Teachers’ Professional
Development through Lesson Study
in Indonesia
by Dr. Marsigit, M.A.

Summary by Riana Sinta Dewi (09313244022)
Posted:  Saturday, 15th Oct 2011
            Paper ini berisi tentang penelitian lesson study yang dilakukan di Indonesia. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa untuk mengembangkan pengalaman mengajar, guru perlu sering berpartisipasi dalam kegiatan Lesson Study. Dalam kegiatan Lesson Study, siswa dapat menikmati proses belajar matematika karena mereka ikut terlibat dalam kegiatan tersebut (aktif). Pengembangan bahan ajar juga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa.
            Penelitian ini juga merekomendasikan bahwa untuk mendorong inovasi pendidikan, head- teacher perlu: membuat suasana yang baik untuk mengajar dan belajar; mempromosikan penggunaan variasi metode mengajar dan sumber belajar mengajar; memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk menunjukkan inisiatif mereka; mempromosikan kelas penetian sebagai model untuk inovasi pendidikan;  mendukung para guru untuk menjadi pengembang / pembuat kurikulum; mempromosikan otonomi guru dalam mengembangkan model kegiatan belajar mengajar ; menerapkan manajemen berbasis sekolah; mendorong partisipasi orang tua siswa;  mempromosikan kerjasama dengan lembaga pendidikan lainnya.
            Penelitian ini juga merekomendasikan agar pemerintah pusat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika, antara lain: mengimplementasikan kurikulum yang lebih cocok yaitu yang lebih sederhana dan fleksibel; mendefinisikan kembali peran guru yaitu guru harus memfasilitasi keperluan siswa dalam belajar; mendefinisikan kembali peran kepala sekolah, kepala harus mendukung pengembangan profesional guru dengan mengijinkan guru  untuk ikut berpartisipasi dalam ilmiah, pertemuan-pertemuan dan pelatihan; mendefinisikan kembali peran sekolah, sekolah harus
mempromosikan manajemen berbasis sekolah; mendefinisikan peran pengawas, pengawas harus memiliki latar belakang yang sama dengan guru yang mereka awasi agar mampu melakukan akademik pengawasan; meningkatkan otonomi guru untuk melakukan inovasi proses belajar mengajar matematika dan ilmu pengetahuan; mempromosikan kolaborasi yang lebih baik antara sekolah dan universitas; komunikasi antara dosen dan
guru harus ditingkatkan yang dapat dilakukan melalui kolaborasi penelitian tindakan dan pertukaran pengalaman melalui seminar dan workshop; mendefinisikan kembali sistem evaluasi; memperluas proyek untuk mempromosikan paradigma baru dan inovasi pendidikan.

No comments:

Post a Comment